Friday, June 20, 2008

Tips Mengikir Kuku



Salah satu cara untuk merapikan dan menjaga kuku adalah dengan mengikirnya. Meski tampaknya mudah, mengikir kuku juga perlu aturan agar hasilnya memuaskan. Apa saja?

* Demi keamanan kuku, hindari menggunakan kikir yang terbuat dari bahan yang keras, mudah berkarat, dan mempunyai permukaan yang terlalu kasar. Sebelum digunakan, pastikan kikir dalam keadaan bersih dan kering.

* Waktu yang paling aman untuk mengikir kuku adalah ketika ujung kuku yang berwarna putih telah berjarak beberapa milimeter dari batas kuku yang berwarna merah. Untuk itu, hindari memotong kuku terlalu pendek.

* Untuk mempermudah proses pengikiran, rendam kuku dalam air hangat selama 5-10 menit sebelum dikikir.

* Agar bentuk kuku tetap terjaga, lakukan pengikiran dari tepi kuku ke arah tengah, secara horisontal. Untuk kuku yang tebal, misalnya kuku kaki, lakukan pengikiran dari tepi kuku ke arah tengah, secara vertikal atau tegak lurus. Hindari mengikir kuku secara bolak-balik.

* Jangan mengikir kuku terlalu dalam, terutama pada bagian sudut kuku. Ini akan menyebabkan kuku mudah patah.

* Agar lebih maksimal, hindari mengikir kuku dengan gerakan yang kasar dan terburu-buru. Karena memakan waktu yang cukup lama, sebaiknya lakukan pengikiran di saat-saat santai atau di akhir minggu.

0 komentar: