Wednesday, June 18, 2008

Kita G' Sama Dengan Nyokap...


Coba ingat-ingat dan hitung, dalam seminggu ini berapa kali kita sebel sama Mama. Mungkin banyak banget yang menjawab,"Wah… sering banget!" atau "Hampir tiap hari deh…!" atau "Kadang-kadang sih, tapi Nyokap memang suka nyebelin!" Nah, kata-kata nyokap nyebelin mungkin pernah kita ucapkan. Kenapa bisa begitu?

Beda generasi. Satu hal yang bikin kita sering 'berantem' sama nyokap adalah gara-gara beda pendapat dan beda persepsi. Misalnya soal baju. Menurut nyokap, model baju yang sekarang ini lagi hip dan sering kita pakai, dianggap aneh bentuknya dan terlalu ketat. Contohnya baby -T yang ngepas badan atau cropped jacket yang memang super mini. Sementara menurut kita, baju-baju itu justru keren. Atau model rambut potongan asimetris, poni yang miring sebelah, bagian rambut belakang dibikin jabrik, wah… buat nyokap, bentuk-bentuk ajaib kayak gini, susah buat diterima akal sehat, hihihi...

Belum lagi urusan gaul. Buat nyokap, gaya gaul kita dan remaja seumuran kita yang makin bebas, suka bikin dia deg-degan. Semua ketakutan dan pikiran negatif terhadap kita, suka bikin nyokap jadi 'parno'. Takut kita terjerumus pergaulan yang nggak sehat, mulai dari narkoba sampai seks bebas. Makanya semua itu bikin nyokap jadi suka over protective. Ngelarang kita ini itu. Dan menurut kita, semua larangan dari nyokap itu nggak masuk akal. Nah, nggak nyambung banget kan?

Tapi, gimana nih caranya biar kita nggak ribut melulu sama nyokap?

Belajar dengerin kata-kata nyokap sampai selesai, jangan langsung main kabur begitu aja. Pasti nyokap punya alasan yang jelas kenapa kita dilarang atau dikomentarin.

Belajar mengungkapkan pikiran dan isi hati kita dengan tenang. Kalau memang nggak setuju sama pendapat atau larangan nyokap, nggak perlu langsung 'teriak'. Tapi kita bisa ngomong dengan lebih cool dan kasih alasan ke nyokap. Hari gini, adu argumen sama ortu, kenapa nggak? Bukannya ngelawan atau kurang ajar, tapi justru kita menghargai ortu dan belajar lebih dewasa.

Usaha dong buat lebih kompak sama nyokap. Kalau selalu menghindar tiap kali nyokap minta ditemenin jalan-jalan, mana mungkin bisa dekat sama nyokap? Sesekali luangin waktu kita buat nemenin nyokap belanja. Selain ngebantuin nyokap, lumayan juga kan bisa ditraktir, hihihi....

Lihat sisi positifnya. Kita beruntung banget kan masih punya nyokap (yang meskipun cerewet) tapi masih sayang dan perhatian sama kita. Dibanding nyokap kita super cuek dan nggak pernah mau tahu urusan kita

Jangan cuma protes, tapi bikin silent action. Tunjukkin ke nyokap bahwa kita adalah anak ceweknya yang bisa bertanggung jawab sama diri sendiri dan keluarga. Pasti nyokap bakal mengurangi kadar kecerewetannya kok.

Selamat Mencoba!!! ;)


Source : Menstruasi.com

0 komentar: